Kenali Faktor Penyebab Donatur Menolak Donasi

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
08 Feb 2022

Dalam menjalankan fundraising, beberapa kendala dengan beragam jenis tentu pernah dilewati oleh para fundraiser. Meskipun persentase kegagalan atau penolakan itu tentu adanya dalam sebuah usaha, tapi sebagai fundraiser kita harus menjadi pembelajar. Hal ini penting untuk menganalisis kegagalan, dan mengambil pembelajaran dari kegagalan sebagai proses pembelajaran dari pengalaman.


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Abdul Haris Naim, disimpulkan bahwa setidaknya ada 5 faktor yang seringkali menjadi sebab donatur menolak untuk berdonasi. Analisis tersebut berasal dari kebutuhan donatur, yaitu:

a) Kesesuaian dengan syari’ah. Ziswaf merupakan bagian dari salah satu rukun Islam yang juga merupakan bentuk peribadatan kepada Allah, karena ziswaf adalah bentuk ibadah maka harus sesuai dengan tuntunan yang pernah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Ketika proses pengelolaan dan penyaluran donasi dilaksanakan sesuai tuntunan Rasulullah, tentu memiliki keutamaan tersendiri.

b) Laporan dan pertanggung jawaban. Dalam bahasa yang tidak diverbalkan, ketika donatur memberikan dana ZIS kepada lembaga Ziswaf, donatur sangat berharap adanya laporan dan pertanggungjawaban. Hal ini selaras untuk meningkatkan faktor kepercayaan, yang menjadi hal utama dalam meningkatkan perolehan dana ZIS bagi lembaga Ziswaf. Terlebih di zaman digital ini, portofolio lembaga bisa dipublikasi melalui digital, sehingga mampu meningkatkan faktor kepercayaan lebih baik.

c) Manfaat bagi kesejahteraan umat, Kebutuhan donatur selanjutnya adalah sejauh mana manfaat dana ZIS yang diberikan donatur dan muzakki bagi kaum dhuafa. Untuk menjelaskan poin ini, bisa dibuat testimoni melalui cerita, ataupun video, tentang kebermanfaatan program, dampak yang terlihat dilihat dari kacamata sebelum dan sesudah program.


d) Pelayanan yang berkualitas. Salah satu kekuatan yang mendorong para donatur mau mengeluarkan dana ZIS untuk mendanai program dan kegiatan lembaga adalah pelayanan yang baik yang diberikan kepada para donatur. Kemudahan tersebut bisa berupa memudahkan dalam melakukan transaksi, misalnya: pembayaran ZIS melalui gesek kartu kredit atau transfer melalui ATM, layanan jemput zakat bagi yang sibuk untuk keluar melakukan pembayaran ZIS, membuka konsultasi ZIS bagi para donatur yang kesulitan untuk menghitung dan mengeluarkan zakatnya


e) Silaturahim dan komunikasi. Ini menjadi hal penting bagi peningkatan pendapatan dana zakat, infak dan shadaqah. Ini juga merupakan salah satu kebutuhan bagi para donatur dan muzakki yang harus dipahami oleh organisasi pengelola zakat. Silaturahim merupakan salah satu bentuk dari donatur relationship management, yang mana ketika hubungan relasi antara donatur dan lembaga semakin erat, maka donatur pun bisa menjadi donatur yang loyal.


Itu dia 5 kebutuhan donatur yang perlu kita fahami sehingga tanpa diminta, kita sudah siap memberinya.

Sumber :

Abdul Haris Naim, Problematika Fundraising di LAZISNU KUDUS, IAIN Kudus


Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia