Langkah Menyusun Program Donasi Zerowaste

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
21 Feb 2022

Setelah megetahui berbagai fakta tentang peningkatan sampah terlebih di Bulan Ramadhan. Yang mana jumlah sampah di perkotaan yang padat penduduk juga lebih banyak dibanding di perdesaan.


Terkait peningkatan jumlah sampah memang sudah menjadi PR besar bagi bangsa ini, meskipun banyak penggiat zerowaste mulai dari individu dan komunitas, tapi tentu banyaknya masyarakat yang sadar dan mau bergerak masih kalah jauh dibanding masyarakat yang sadar tapi tidak mau bergerak plus masyarakat yang tidak sadar akan bahaya ini.


"Peningkatan jumlah sampah sangat fantastis dan ini menjadi persoalan di kota-kota besar, sehingga perlu tips untuk meminimalisasinya," kata Public Relation PT MallSampah Indonesia, Saddan Husain. Dia mengatakan, kenaikan jumlah sampah umumnya terjadi di kota-kota besar yang memiliki tren peningkatan konsumsi selama Ramadhan.


Sejumlah aktivis lingkungan memperkirakan, setidaknya terjadi peningkatan volume sampah sebanyak 500 ton. Peningkatan jumlah sampah yang sangat signifikan ini, tentunya sangat mengkhawatirkan. Sebab pada bulan-bulan lain di luar Ramadhan, produksi sampah di Indonesia, terutama yang berasal dari sisa makanan, menempati peringkat kedua dunia, yakni sebanyak 300 kilogram per orang per tahun. Pertanyaannya adalah jika pada bulan umumnya saja jumlah sampah sudah sedemikian banyak, bagaimana kabar jumlah sampah pada bulan Ramadhan?


Untuknya perlu andil dari lebih banyak pihak terkait penanganan sampah ini, begitu pula dengan peran lembaga filantropi yang mampu menjadi inisiator pengurangan sampah melalui program-program yang diusung. Tentunya untuk membangkitkan kesadaran masyarakat sehingga mau berpartisipasi dalam program donasi bertema zerowaste, lembaga filantropi perlu melalui beberapa tahapan yaitu:


Pertama, Sosialisasikan fakta-fakta tentang sampah makanan, peningkatan sampah di Bulan Ramadhan, pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, perintah dari al-quran dan hadist terkait kelestarian alam kepada masyarakat. Sebagaimana pengenalan misi campaign pada umumnya, fakta-fakta sampah ini bisa divisualisasikan, maupun dikenalkan melalui video agar masyarakat lebih terkesan secara mendalam dengan pesan yang disampaikan.


Kedua, Tumbuhkan kesadaran bahwa masyarakat, khususnya calon donatur harus turut andil mengurangi sampah, mulai dari langkah terkecil yang bisa mereka lakukan, lalu dilanjutkan dengan upaya konsisten.


Ketiga, Ajak masyarakat untuk bergerak, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang bisa ia lakukan meskipun kecil, berpartisipasi dalam program yang diusung oleh lembaga filantropi anda.


Semoga langkah-langkah yang ditempuh sedikit demi sedikit ini membantu untuk mengenalkan program donasi bertema zerowaste yang dimiliki oleh lembaga anda.

Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia