Membangun ‘Simbiosis Mutualisme’ dengan Perusahaan

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
19 Jan 2022

Ketika kita akan mengadakan kerjasama CSR dengan sebuah lembaga atau perusahaan, kita tentu perlu memahami apa keuntungan yang akan didapatkan oleh mitra ketika berkerjasama dengan kita. Hal ini penting agar tercipta win-win solution atau ketika kecil dulu dalam istilah dunia biologi kita menyebutnya dengan simbiosis mutualisme. Tentu simbiosis ini merupakan simbiosis yang lebih baik dibanding simbiosis yang lain, karena adanya keuntungan antara dua belah pihak.

Ketika kedua belah pihak yakin ataupun telah mendapatkan keuntungan, kerjasama yang terjadipun akan semakin awet dan saling memperbaiki jika ada kekurangan.

Begitu pula ketika mengajukan kerjasama dengan perusahaan, kita perlu memahami manfaat CSR bagi perusahaan yang kurang lebih terangkum dalam beberapa poin berikut ini.

Meningkatkan reputasi dan citra baik perusahaan. Ibarat tetangga yang dermawan dan kikir, tentu sebuah masyarakat akan menyukai tetangga yang dermawan, yang dengan karakter itu pula akan memberi citra baik pada orang tersebut.

Mendapatkan persepsi baik tentang perusahaan yang bertanggung jawab dari masyarakat, investor, sponsor, pemerintah, pelanggan, dan perusahaan lain. Kepercayaan pihak luar perusahaan sangat penting bagi keberlangsungan lembaga, dan salah satu hal yang mampu meningkatkan nilai kepercayaan itu adalah besarnya tanggung jawab yang dilakukan oleh lembaga terhadap kegiatan dan amanah yang diembannya.

Membangun hubungan baik antara berbagai pihak, baik itu masyarakat khususnya lingkungan sekitar yang paling banyak terkena dampak maupun masyarakat skala besar sebagai jangkauan segmen pasar, begitu juga para piham yang bekerja sama dengan perusahaan.

Mempermudah terjalinnya kerja sama dengan berbagai pihak dikarenakan adanya hal-hal baik yang diusahakan, ketika sebuah kerjasama diniatkan untuk tujuan kebaikan maka cara-cara menujunya pun dalam kebaikan.

Mempermudah pengembangan perusahaan di era globalisasi yang tentu perlu izin lingkungan, perlu dukungan investor, perlu izin pemerintah, yang pihak-pihak tersebut tentu melihat track record bagaimana perusahaan beroperasi apakah telah sesuai etika atau berjalan tanpa etika.

Menegakan etika berorganisasi, memlihara komitmen, serta moral perusahaan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam artikel Menampung Aliran Dana dari Perusahaan bahwa perusahaan harus perusahaan yang peduli akan kelestarian planet (lingkungan hidup) dan juga memperhatikan kesejahteraan people (masyarakat). Maka salah satunya melalui CSR inilah bentuk kepedulian tersebut terwujud. Komitmen yang baik oleh perusahaan untuk planet dan people harus dibentukkan dalam aksi-aksi nyata, agar masyarakat pun tahu bahwa perusahaan tidak hanya mengeruk kekayaan atau merusak alam tapi juga berkontribusi pada alam.

Mereduksi kemungkinan krisis yang akan dialami perusahaan. Perusahaan yang baik tentu berbeda dengan perusahaan yang kikir yang tidak mencatatkan kebaikan di masyarakat. Hal ini akan nampak jelas perbedaannya manakala krisis terjadi, perusahaan yang baik ketika mengalami krisis, maka tentu akan banyak pihak terlibat dan sukarela membantu mengeluarkan perusahaan dari krisis yang sedang dihadapi. Dengan begitu, kebaikan pasti berbalas kebaikan.

Itu dia 7 manfaat CSR bagi perusahaan, semoga ketika lembaga Ziswaf memahami manfaat CSR bagi perusahaan ini, kerjasama yang terjalin akan menjadi kerjasama baik dan saling menguntungkan.

Sumber: www.kompas.com


Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia