Pentingnya Inovasi Donasi

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
22 Feb 2022

Pesatnya perkembangan Lembaga-lembaga filantropi di Indonesia telah mendorong berbagai inovasi dalam aktivitas filantropi. Inovasi sendiri adalah proses penerapan informasi, imajinasi, dan inisiatif untuk menghasilkan nilai yang lebih besar dari sumber daya yang dimiliki.


Maka, di dalam ruang lingkup filantropi, inovasi dimaknai sebagai pengembangan program atau produk baru, atau proses pendekatan untuk memungkinkan sumber daya dapat diberikan dan diinvestasikan secara lebih mudah dan bijak.


Tentunya filantropi yang inovatif sangat diperlukan, terlebih mengingat zaman yang juga berubah. Maka inovasi diperlukan sebagai sebuah langkah untuk membantu mendorong lebih banyak sumber daya dan memastikan bahwa sumber daya tersebut digunakan secara efektif serta memberi dampak yang lebih luas.


Tak hanya inovasi dalam program donasi, bahkan inovasi juga diperlukan di bidang eksternal yaitu aturan donasj sebagaimana yang disampaikam oleh Staf Ahli Mensos Bidang Aksesibilitas Sosial, Marjuki, mengatakan, aturan tentang donasi perlu direvisi karena belum mendukung aturan mengenai donasi online.


"Kalau kami lihat dengan kondisi sekarang, perlu ada inovasi. Sebab, dengan donasi online, data bisa dihitung dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun secara cepat".


Inovasi donasi menjadi sangat penting dikarenakan pesatnya perkembangan filantropi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan masyarakat Indonesia yang dinobatkan sebagai masyarakat dermawan nomor 2 di dunia. (Forbes, 2016) Selain itu, ajaran keagamaan, tradisi lokal yang berakar kuat, serta tingginya pertumbuhan ekonomi juga mendorong pesatnya perkembangan filantropi di Indonesia.


Menurut Hamid Abidin, Direktur Eksekutif Filantropi Indonesia, pertumbuhan ekonomi menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan populasi orang super kaya (High Net Worth Individuals-HNWI) paling cepat di Asia.


Laporan Wealth insight menunjukkan bahwa populasi HNWI di Indonesia memegang kekayaan gabungan sebesar 241 miliar dolar AS. "Keterlibatan kaum muda dalam kegiatan filantropi ini mengubah peta dan pola filantropi di Indonesia. Masuknya anak muda di kegiatan filantropi ini juga mendorong berkembang berbagai metode dalam menyumbang dan menggalang sumbangan".


Dalam meningkatkan inovasi di bidang filantropi, Perhimpunan Filantropi Indonesia telah mengadakan FIFest yang digelar tahun 2018. Dalam sebuah laman berita online dituliskan bahwa, festival kebajikan ini memberi gambaran ke publik mengenai transformasi kegiatan filantropi di Indonesia dari konvensional ke digital.


Festival ini juga menampilkan beragam cara dan metode baru dalam menyumbang dan menolong sesama, khususnya yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital.


Jadi, sudah semakin banyak masyarakat serta lembaga yang mendukung inovasi donasi, mengingat pesatnya perkembangan filantropi akhir-akhir ini. Bagaimana dengan lembaga anda, sudah merencanakan inovasi di bagian apa?


Sumber :

koran-jakarta.com

sindonews.com

Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia