Ramadhan, Bulan Filantropi

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
09 Feb 2022

Seiring dengan meningkatnya emosi positif di Bulan Ramadhan, Ramadhan juga dikenal dengan sebuah julukan yaitu bulan filantropi (syahr al-judd; bulan kedermawanan).


Hal ini dikarenakan pada bulan ini umat Islam dianjurkan banyak bersedekah, terutama untuk meringankan beban fakir dan miskin, serta terdapat kewajiban membayar zakat fitrah. Hal ini sejalan dengan keteladanan Rasulullah Muhammad SAW yang memberi keteladanan terbaik, sebagai orang yang paling dermawan di bulan yang suci dan bertabur berkah ini.


Demikian juga yang terjadi di Indonesia. Ketika kita amati maka akan muncul kesimpulan bahwa pada bulan Ramadhan, antusiasme masyarakat muslim Indonesia dalam berderma meningkat.


Terdapat beberapa kebiasaan baru yang tidak dilakukan selain di bulan suci misalnya, tradisi berkirim dan menerima bingkisan (paket) ke keluarga maupun teman. Biasanya hal ini diiringi pula dengan naiknya anggaran harga sembako dan barang-barang di pasar.


Berkirim bingkisan untuk sesama sebenarnya memang bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia, bahkan menjadi semacam tradisi. Meski di bulan-bulan lain, tradisi berbagi dan gotong royong merupakan ciri khas penduduk Indonesia.


Tetapi, di bulan Ramadhan biasanya animo masyarakat untuk berbagi kebahagiaan dengan membagikan kelebihan rezeki kepada orang lain menjadi meningkat, bahkan sampai upaya dipaksakan atau sangat diupayakan agar tetap bisa berbagi.


Tradisi berbagi, Ramadhan Bulan Filantropi juga bisa kita amati dari hampir setiap hari di bulan Ramadhan kita menjumpai acara buka bersama (bukber) sampai santap sahur bersama. Belum lagi pembagian sembako, zakat fitrah, dan seperangkat busana muslim/muslimah.


Kegiatan ini tidak hanya dilakukan individu yang merasa mampu, tetapi juga dilaksanakan lembaga dan perusahan, seperti perkantoran, institusi pendidikan, sampai kementerian negara. Dengan demikian, aktivitas filantropi masyarakat muslim di Indonesia pada hari-hari di bulan Ramadhan meningkat tajam.


Tentu banyak bentuk upaya menyemarakkan Ramadhan Bulan Filantropi bagi masyarakat Indonesia. Berbagi inovasi kebaikan berbagi, mulai dari buka bersama, sahur bersama, takjil tarawih dan tadarrus masjid, berbagi parsel lebaran, dan lain sebagainya.


Kreativitas dan inovasi tentu sangat dibutuhkan untuk menyemarakkan Filantropi di Bulan Ramadhan serta menyerukan keutamaan bahwa kebaikan berlipat ganda di Bulan Ramadhan. Semoga semakin banyak inovasi dalam menyeru kebaikan Ramadhan salah satunya melalui filantropi.


Sumber

nu.or.id

Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia