Sejarah Zakat

Tim Riset Media Berbagi
1002 View Edukasi
25 Jan 2022

Zakat adalah salah satu tiang agama islam, tentunya zakat memiliki sejarah sebelum zakat ini menjadi perintah. 

 

Diawali dengan turunnya ayat zakat surat yaitu Ar-Rum ayat 39: “Dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipatgandakan (pahalanya).”


Setelah turunnya ayat perintah zakat, Rasulullah pun mulai menerapkan sistem zakat secara lembaga setelah tahun kedua Hijrah di Madinah. Zakat yang pertama kali diwajibkan adalah Zakat Fitrah pada bulan Ramadhan, sedangkan zakat maal diwajibkan pada bulan berikutnya. 


Maulana Abdul Hasan mengatakan bahwa zakat diwajibkan saat hijrah dalam rentan waktu 5 tahun sesudahnya. Pada tahun kedua inilah Rasulullah mulai memberi nasihat untuk menyampaikan kepada para ahli kitab mengenai beberapa hal, termasuk tentang kewajiban mengeluarkan zakat.


Dalam sejarah zakat pada zaman Rasulullah SAW, Beliau menyampaikan kepada para sahabat untuk diberitakan kepada ahli kitab jika kewajiban dalam mengeluarkan zakat harta benda yang mereka miliki sesuai dengan perintah yang Allah SWT berikan.


Dari tahun-tahun itulah, mulai banyak berkembang tentang pengelolaan zakat, hingga masa kejayaan islam sampai disebutkan tidak adalagi penduduk yang mau menerima zakat karena mereka sudah tercukupi semua. Tentunya jika sejarah telah membuktikan peran zakat dalam membangun ekonomi umat, begitu pula zaman sekarang

Ruang Edukasi

Ikut berkontribusi menghadirkan edukasi dengan topik-topik filantropi

SEMUA KEBUTUHAN HANYA DALAM SATU PLATFORM!

Fundraising management System (FMS) telah dirancang untuk memudahkan kebutuhan lembaga mulai dari perencaaan, penggalangan dana, penyaluran dan pelaporan

© 2022 FMS . PT. Media Berbagi Indonesia